Sikret (silaturahmi kreatif) edisi Hanami 2015

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah acara Sikret (silaturahmi kreatif) edisi Hanami telah terselenggara bekerjasama dengan PPI Ibaraki pada 4 April 2015.

Adapun Tausyiah disampaikan oleh Bapak Ahmad Sofyan, yang materi-nya kami tampilkan lagi untuk Bapak/Ibu yang tak berkesempatan menyimak.

Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Pengurus

MERAIH MIMPI
Oleh: A. Sofyan
(disampaikan pada acara HANAMI PPI – FKMIT, Tsukuba 4 April 2015)
Assalamualaikum wr wb.

Di pagi yang cerah dengan hembusan angin bercampur mendung,
Alhamdulillah kita keluarga besar warga PPI dan FKMIT mengadakan acara yang amat ditunggu2, karena insyallah kita akan mendapat dan memetik manfaat dari acara silaturahim dan kekeluargaan ini.

Selamat datang para laskar baru, laskar pemimpi yang siap mendarma baktikan bagi negeri, agar kita tidak terus merugi.

Pengertian hanami, 花見hanami; flower viewing, melihat Bunga. Jika dilihat lebih jauh, filosofi Bunga dapat diartikan sebagai hasil reaksi dari proses yang terjadi di tanaman. Bunga tidak hanya memberikan keindahan di lingkungan tetapi juga berperan menyediakan makanan bagi serangga/lebah selanjutnya diproses menjadi madu yang amat bernilai gizi dan menyehatkan. Ini berarti bahwa bunga juga memberikan manfaat bagi lingkungan.

Kita tentu ingat sabda Rasulullah SAW; ”Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)
للناس ا أنفعهم لناس وخير

Sebetulnya apa tujuan kita pergi jauh ke negeri Sakura? Ada yang berprofesi sebagai Mahasiswa, Pelajar, Trainee , Pekerja dan Profesi lainnya.

Salah satu tujuan kita adalah untuk menjadi manusia yang lebih baik dengan meningkatkan segenap kemampuan/kompetensi . Menjadi lebih baik agar bermanfaat bagi diri pribadi, keluarga dan masyarakat/lingkungan.

Proses untuk menjadi lebih baik tidak terlepas dari upaya mengejar apa yang ingin kita capai (impian). Jika diuraikan, mimpi bisa kita kategorikan jangka pendek (mendesak), jangka panjang, dan jangka yang sangat panjang. Mimpi jangka pendek (target) misalnya dalam aktivitas usaha menyelesaikan tugas, pekerjaan agar mendapatkan hasil yang optimal. Mimpi jangka panjang misalnya memperoleh gelar / kelulusan yang terbaik. Mimpi jangka yang amat panjang yakni menjadi umat yang bertaqwa sehingga tergolong hamba Allah yang akan merasakan kenikmatan Jannah Nya.
Mimpi (dream) itu upaya inisiasi dalam menentukan arah masa depan sesorang. Ada 3 hal yang penting dalam upaya meraih mimpi;

1. Bulatkan Tekad/Niat:
Tekad atau niat merupakan fondasi dari suatu amalan. Dengan niat yang kuat insyallah akan tumbuh suatu komitmen. Sesungguhnya setiap amalan itu bergantung pada niatnya.
بِالنِّيَّات اْلأَعْمَالُ إِنَّمَا

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)1)

2. Mengambil setiap Hikmah dari segala ujian / Proses dari mencapai mimpi.
Ujian adalah tarbiyah dari Allah

“Demi sesungguhnya! Kami akan menguji kamu dengan sedikit perasaan takut (kepada musuh) dan (dengan merasai) kelaparan, dan (dengan berlakunya) kekurangan dari harta benda dan jiwa serta hasil tanaman. Dan berilah khabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” – [Al-Baqarah 2:155]

3. Tawakkal dan bersyukur
Segala apa yang diberikan ALLAH kepada kita maka kita senantiasa bersyukur kepada Nya.

“lainsyakartum laaziidannakum walainkarfartum inna ‘adzaabii lasyadid” Jika kalian bersyukur pasti akan Aku tambah ni’mat-Ku padamu tetapi jika kalian kufur sesungguhnya adzab-Ku amat pedih”. (QS Ibrahim:7).
Semoga segala apa yang kita niatkan dan segala usaha yang kita lakukan senantiasa diberikan petunjuk dan kemudahan dari ALLAH SWT.

Amin ya rabbal alamin.

Segala yang benar dari ALLAH dan segala kekhilafan semata-mata ketidaktahuan hamba.
Wassalamualaikum wr wb.

Roni Maryana's photo.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *