Resep Pisang Goreng Tsukuba

Buat para pecinta goreng pisang mungkin pernah frustasi berurusan dengan pisang yang ada di Jepang karena memiliki sifat yang sedikit berbeda dengan pisang yang ada di Indonesia.

Pisang yang beredar di Jepang relatif lebih mudah mengeluarkan air saat dipanaskan sehingga apabila digoreng dengan terigu layaknya prosesi menggoreng pisang di Indonesia, maka pisang akan lembek karena terigu memerlukan waktu yang lebih lama daripada titik lembek pisang.

Solving the problem..

Pisang Goreng diganti dengan Pisang Molen saja!

Pisang molen merupakan ide yang cukup brilliant karena pisang dibungkus terigu rapat dengan adonan molen yang cenderung cepat matang sebelum titik lembek pisang tercapai.

Namun, membuat adonan molen tanpa alat/mesin memerlukan usaha yang cukup besar  dan waktu yang tidak sedikit. Dengan kata lain molen kurang efektif dan effisien bagi sibuk-ers, males-ers, maupun single-ers.

Over solving problem of the problem,

Belajar dari Ibu Ikono

Bu Ikono ternyata punya ide cerdas dengan menggunakan terigu Hot-Cake yang banyak beredar di swalayan. Saya terkagun-kagum saat mencobanya. Masalah rasa silakan konfirmasi ke Pak Jae dan Pak Yan yang ikut mencicipi Jum’at kemarin :). Tidak semua tergigu Hot-Cake bisa dikonsumsi muslim sehingga perlu di-cek ingredient-nya sebelum dibeli atau silakan lihat blog yang diasuh pak Jae. Default-nya Hot-Cake dibuat hanya dengan menambahkan air/susu+telor lalu dipanaskan tanpa minyak. Dengan customize pisang, Hot-Cake bisa berubah menjadi Hot-pisang-Cake as follows:

Hot Cake Flour

Hot Cake Flour -Ingredients

Algorithma-nya super simple, sehingga cocok buat 3-ers di atas, as follows:

  1. Campur terigu dengan air sedikit sehingga adonan sangat kental. Adonan encer membuat pisang mudah “brojol” saat dipanaskan.
  2. Potong 1 pisang menjadi 2 atau 3 bagian, lalu masukan ke adonan, lumuri pisang dengan adonan lalu goreng dengan minyak panas.
  3. Bolak-balik sampai warna adonan+pisang menjadi kuning kecoklatan.
  4. End off.

Cocok dikonsumsi saat winter seperti sekarang dengan kopi susu panas atau teh panas. Selamat mencoba, tapi maaf tidak ada garansi 🙂

Resep ini dibuat oleh Asep Saepuloh


Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *